Teori Organisasi Umum

Pengertian tentang pelajaran Teori organisasi umum Organisasi adalah merupakan struktur pembagian kerja dan struktur tata hubungan kerja antara sekelompok orang pemegang posisi yang bekerjasama secara tertentu untuk bersama-sama mencapai tujuan tertentu yang mempunyai tingkat manajemen yang tinggi. Teori adalah suatu kerangka yang merupakan alat pikir untuk membantu suatu rumusan tertentu yang bias dikembangkan. Umum adalah suatu pedoman yang diberikan orang terbuka atau sekitarnya yang mampu memberi sproses pekerjaan. Jadi, Teori organisasi umum bisa diartikan sebagaimana telah dijabarkan sebelumnya adalah suatu pikiran yang merupakan sekelompok orang yang membagi tugas dengan cara struktur untuk mendapatkan pedoman yang ingin dicapai bersama-sama ( Disadur dari http://achmadsulaiman.blogspot.com/2010/09/tulisan-2-pengertian-teori-organisasi.html ,10/10/2011 Pukul 20:54 WIB)

Ciri-ciri Organisasi Modern • Organisasi bertambah besar • Pengolahan data semakin cepat • Penggunaan staf lebih intensif • Kecendrungan spesialisasi • Adanya prinsip-prinsip atau azas- azas organisasi • Unsur-unsur organisasi lebih Lengkap ( Disadur dari : Ciri-ciri, Unsur & Teori Organisasi Gunadarma University, 10/10/2011 Pukul 20:59 WIB )

UNSUR-UNSUR DALAM ORGANISASI UMUM

> Manusia(man) : dalam keorganisasian, manusia sering disebut sebagai pegawai atau personel yang terdiri dari semua anggota organisasi tersebut yang menurut fungsi dan tingkatannya terdiri dari pimpinan(administrator) sebagai unsur pimpinan tertinggi dalam organisasi, manajer yang memimpin tiap-tiap satuan unit kerja yang sudah dibagikan sesuai dengan tugas dan fungsinya, dan para pekerja.                                                                 > Kerjasama(team work) : suatu kegiatan bantu-membantu antar sesama anggota organisasi yang dilakukan bersama-sama untuk mencapai tujuan bersama. oleh karena itu, anggota organisasi dibagi menjadi beberapa bagian sesuai fungsi, tugas dan tingkatannya masing-masing.                                                                                                                                   > Tujuan bersama : adalah arah atau sasaran yang dicapai. Tujuan merupakan titik akhir dari apa yang diharapkan atau dicapai dalam organisasi. Setiap anggota sebuah organisasi harus mempunya tujuan yang sama agar organisasi tersebut dapat berjalan sesuai dengan keinginan bersama.                                                                                                          >Peralatan(equipment) : segala sesuatu yang digunakan dalam organisasi seperti uang, kendaraan, gedung, tanah dan barang modal lainnya.                                                                 > Lingkungan(environtment) : yang termasuk kedalam unsur lingkungan adalah :                • Kondisi atau situasi yang secara langsung atau tidak langsung mempengaruhi berjalannya organisasi karena kondisi atau situasi sangat dekat hubungannya dengan organisasi dan anggotanya                                                                                                                  • Tempat atau lokasi, karena mempengaruhi sarana transportasi dan komunikasi                  • Wilayah operasi yang dijadikan sarana kegiatan organisasi, wilayah operasi dibagi menjadi empat, yaitu wilayah kegiatan,wilayah jangkauan, wilayah personil, wilayah kewenangan atau kekuasaan                                                                                                            > Kekayaan alam yang dimaksud adalah cuaca, keadaan geografis, flora, fauna dll                  > Kerangka/kontruksi mental organisasi itu sendiri ( Disadur dari : http://dimasamiluhur.blogspot.com/2011/09/definisi-teori-organisasi-umum-serta.html, 10/10/2011 Pukul 21:05 WIB )

Teori-teori Organisasi

• Teori Organisasi Klasik (Teori Tradisional) a. Teori Birokrasi b. Teori Administrasi c. Manajemen Ilmiah

• Teori Neo Klasik (Teori Hubungan atau Manusiawi) Menekenakan pentingnya aspek psikologis & sosial karyawan

• Teori Organisasi Modern Semua unsur organisasi sebagai satu kesatuan & saling ketergantungan ( Disadur dari : Ciri-ciri, Unsur & Teori Organisasi Gunadarma University, 10/10/2011 Pukul 21:09 WIB )

Rangkuman Dari penjabaran diatas dapat kita simpulkan :

• Secara garis besar organisasi mempunyai tiga unsur yaitu orang-orang, kerjasama dan tujuan bersama-sama . Ketiga ketiga unsur tersebut saling berhubungan dan merupakan satu kesatuan

• Dari berbagai macam teori organisasi yang dikemukakan oleh para ahli, tiada satupun yang memiliki kebenaran mutlak

• Antara berbagai macam teori organisasi tersebut saling isi dan saling melengkapi

( Disadur dari : Ciri-ciri, Unsur & Teori Organisasi Gunadarma University, 10/10/2011 Pukul 21:15 WIB )

Tinggalkan komentar

Tinggalkan komentar