Positif dan Negatif Mengikuti Social Media

Social Media, sebuah kata yang sudah tidak asing lagi terdengan di telinga kita pada saat ini, menengok pada beberapa tahun lalu perkembangan Social Media tidak se populer sekarang, memang tidak dapat dipungkiri perkembangan di dunia teknologi khususnya teknologi komunikasi melalui internet yang saat ini mudah kita dapatkan dengan harga yang relatif terjangkau memberikan peran yang sangat vital dalam perkembangan di dunia social media, sebelum membahas lebih lanjut tentang social media ada baiknya kita membahas apa sih social media itu dan bagaimana perkembangan sejarahnya.

Social Media adalah adalah sebuah media online, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Blog, jejaring sosial dan wiki merupakan bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia.

Andreas Kaplan dan Michael Haenlein mendefinisikan media sosial sebagai “sebuah kelompok aplikasi berbasis internet yang membangun di atas dasar ideologi dan teknologi Web 2.0 , dan yang memungkinkan penciptaan dan pertukaran user-generated content”.

Sejarah Perkembangan Social media

 

1969

CompuServe adalah Internet service provider komersil pertama untuk umum di Amerika Serikat. Menggunakan teknologi yang dikenal sebagai sebagai dial-up, dan mendominasi lapangan sampai 1980-an dan tetap menjadi populer sampai pertengahan 1990-an.

 

1971

Email pertama dikirim.

 

1978

Dua penggemar komputer chicago menciptakan sistem buletin board (BBS) untuk memberitahu teman-teman tentang pertemuan, membuat pengumuman dan berbagi informasi melalui postingan. Itu awal dasar sebuah komunitas virtual yang kecil.

 

1979

Usenet adalah papan pengumuman awal yang terhubung Duke University dan University of North Carolina.

 

1984

Layanan online Prodigy diperkenalkan. Kemudian, tumbuh menjadi penyedia layanan online terbesar kedua di tahun 1990, dengan 465,000 pelanggan dibandingkan dengan CompuServe’s 600.000. Pada tahun 1994, Prodigy memelopori penjualan koneksi dial-up ke World Wide Web dan layanan hosting Web penayang dan sekarang menjadi bagian dari AT & T.

 

1985

layanan America Online (AOL) dibuka.

 

1989

Insinyur Inggris Tim Berners-Lee mulai bekerja di CERN (organisasi Eropa untuk riset nuklir, di Swiss).

 

1992

Tripod dibuka sebagai sebuah komunitas online untuk college siswa dan orang dewasa.

 

1993

CERN menyumbangkan teknologi WWW ke dunia.

 

Siswa di NCSA (National Center for Supercomputing Applications di University of Illinois di Urbana-Champaign) menampilkan browser grafis pertama, mosaik, dan halaman Web seperti yang kita kenal seperti hari ini.

Lebih dari 200 server Web yang online.

 

1994

Lebih dari 1.500 Web server yang online pada tahun 1994 dan orang-orang merujuk kepada Internet sebagai tempat informasi paling cepat.

EarthLink memulai sebagai penyedia layanan online.

 

1997

Terdapat satu juta situs berbasis web.

Dimulainya blogging.

SixDegrees.com memungkinkan pengguna membuat profil dan daftar teman.

AOL Instant Messenger memungkinkan pengguna obrolan.

Papan tulis didirikan sebagai sistem manajemen kursus online bagi para pendidik dan pelajar.

 

1998

Google muncul sebagai mesin pencarian Internet utama dan indeks.

 

2000

Dalam dunia bisnis dan perdagangan, domain dot.com menjadi populer dan pada tahun yang sama tujuh puluh juta komputer terhubung ke Internet.

 

2001

Wikipedia, ensiklopedia onine dan wiki terbesar di dunia akhirnya muncul.

Apple mulai menjual iPod.

 

2002

Friendster, situs jaringan sosial, dibuka untuk umum di Amerika Serikat dan tumbuh menjadi 3 juta pengguna dalam tiga bulan.

AOL memiliki 34 juta anggota.

 

2003

MySpace. situs jaringan sosial lain, diluncurkan sebagai tiruan dari Friendster.

Linden Lab membuka dunia maya Second Life di Internet.

LinkedIn muncul sebagai situs jaringan sosial untuk profesional dan bisnis

Ada lebih dari 3 milyar halaman Web.

Apple memperkenalkan layanan musik online iTunes.

 

2004

Facebook muncul sebagai situs jaringan sosial untuk mahasiswa Harvard College. Disebut  sebagai Friendster versi college.

MySpace melampaui Friendster dalam tampilan halaman.

Podcasting mulai di Internet.

Flickr gambar hosting website dibuka.

Digg didirikan sebagai sebuah situs web berita sosial yang dimana orang bisa berbagi cerita yang ditemukan di Internet.

 

2005

News Corporation, sebuah perusahaan global media yang didirikan oleh Rupert Murdoch, dibeli MySpace.

YouTube mulai menyimpan dan mengambil video.

Ada lebih dari 8 milyar halaman Web.

 

2006

MySpace sebagai situs jaringan sosial paling populer di Amerika Serikat.

 

Twitter diluncurkan sebagai sebuah jaringan dan microblogging situs sosial, memungkinkan anggota untuk mengirim dan menerima pesan 140-karakter yang disebut tweets.

Facebook keanggotaan diperluas dan dibuka untuk siapa pun atas usia 13.

Google telah diindeks lebih dari 25 milyar halaman web, query 400 juta per hari, 1,3 miliar gambar dan lebih dari satu miliar Usenet messages.

 

2007

Microsoft membeli saham di Facebook.

Facebook memulai Facebook Platform yang memungkinkan pengembang pihak ketiga yang membuat aplikasi (apps) untuk situs.

Apple merilis iPhone multimedia dan Internet smartphone.

 

2008

Facebook melampaui MySpace dalam jumlah pengunjung bulanan. Sementara itu, Facebook gagal mencoba untuk membeli Twitter.

Bebo dibeli oleh AOL.

 

2009

Facebook digolongkan sebagai jaringan sosial yang paling sering digunakan di seluruh dunia dengan lebih dari 200 juta.

Microsoft Bing bergabung dengan Yahoo dan Google sebagai mesin pencarian utama di Internet.

Diperkirakan bahwa seperempat dari penduduk bumi menggunakan Internet.

Google melihat satu triliun URL unik – setelah menghilangkan entri duplikat.

Internet memiliki setidaknya 27 milyar halaman web dan bisa memiliki sebanyak 58 miliar halaman web.

 

2010

Pertumbuhan Facebook mencapai 400 juta pengguna, sementara pengguna MySpace menurun menjadi 57 juta pengguna dari 75 juta pengguna.

Untuk bersaing dengan Facebook dan Twitter, Google meluncurkan Buzz, sebuah situs jaringan sosial yang terintegrasi dengan perusahaan Gmail . Dilaporkan bahwa dalam minggu pertama, jutaan pengguna Gmail menciptakan posting 9 juta.

Apple merilis tablet iPad dengan kemampuan Internet.

Diperkirakan populasi pengguna Internet adalah 1,97 miliar. Itu hampir 30 persen dari populasi dunia.

 

2011

Media sosial commerce sedang bangkit bersama dengan mobile media sosial melalui smartphone dan komputer tablet.

Apple memperkenalkan Ping jaringan sosial untuk musik dan terintegrasi dengan iTunes.

MySpace dan Bebo telah didesain ulang dan diperbarui untuk bersaing dengan jaringan sosial yang jauh lebih sukses Facebook dan Twitter.

Diperkirakan pengguna Internet akan ganda 2015 untuk total global beberapa pengguna empat miliar, atau hampir 60 persen dari penduduk bumi.

 

2012

Pengiklan melihat ke “like” untuk meningkatkan visibilitas merek.

Facebook mencapai satu miliar pengguna di 2012.

YouTube memiliki lebih dari 800 juta pengguna setiap bulan

 

Melihat dari sejarah memang perkembangan Social Media memang sudah dimulai sejak tahun 1969 namun perkembangan yang sangat pesat dapat mulai dirasakan pada tahun 2000 keatas karena di dukung dengan perkembanga teknologi yang sangat cepat sejak saat itu terlebih lagi pada saat tahun 2010 sampai sekarang perkembangan Social media dirasakan sangatlah pesat.

 

Ada banyak manfaat yang dapat dirasakan oleh kita dengan adanya media social,mulai dari mudahnya menambah wawasan,menambah teman, bahkan mencari partner bisnis . akan tetapi banyak juga dampak negative dengan adanya social media yang dapat diakses dengan sangat mudah pada saat ini,berikut ini ada sedikit uraian tentang dampak positif dan negative dari Social Media yang saya kutip dari http://dampakpositifdannegatifsitus.blogspot.com/ :

 

Dampak Positif Social media

  • Anak dan remaja dapat belajar mengembangkan keterampilan teknis dan social yang sangat di butuhkan di zaman digital seperti sekarang ini. Mereka akan belajar bagaimana cara beradaptasi,bersosialisai dengan public dan mengelola jaringan pertemanan
  • Memperluas jaringan pertemanan, anak dan remaja akan menjadi lebih mudah berteman dengan orang lain di seluruh dunia, meski sebagian besar diantaranya belum pernah mereka temui secara langsung.
  •  Anak dan remaja akan termotivasi untuk belajar mengembangkan diri melalui teman-teman yang mereka jumpai secara online, karena di sini mereka berinteraksi dan menerima umpan balik satu sama lain.
  •  Situs jejaring social membuat anak dan remaja menjadi lebih bersahabat, perhatian, dan empati, misalnya memberi perhatian saat ada teman mereka yang ulang tahun, mengomentari foto, video dan status teman mereka, menjaga hubungan persahabatan meski tidak dapat bertemu secara fisik.
  • Internet sebagai media komunikasi : merupakan fungsi internet yang paling banyak digunakan dimana setiap pengguna internet dapat berkomunikasi dengan pengguna lainnya dari seluruh dunia
  • Media pertukaran data : dengan menggunakan email, newsgroup, ftp dan www (world wide web : jaringan situs-situs web) para pengguna internet di seluruh dunia dapat saling bertukar informasi dengan cepat dan murah.
  •  Media untuk mencari informasi atau data : perkembangan internet yang pesat, menjadikan www sebagai salah satu sumber informasi yang penting dan akurat.
  • Kemudahan memperoleh informasi : kemudahan untuk memperoleh informasi yang ada di internet banyak membantu manusia sehingga manusia tahu apa saja yang terjadi. Selain itu internet juga bisa digunakan sebagai lahan informasi untuk bidang pendidikan, kebudayaan, dan lain-lain.
  • Kemudahan bertransaksi dan berbisnis dalam bidang perdagangan : Dengan kemudahan ini, membuat kita tidak perlu pergi menuju ke tempat penawaran/penjualan karena dapat di lakukan lewat internet.

 

 

B. Dampak Negatif jejaring sosial

  • Anak dan remaja menjadi malas belajar berkomunikasi di dunia nyata. Tingkat pemahaman bahasa pun menjadi terganggu. Jika anak terlalu banyak berkomunikasi di dunia maya, maka pengetahuan tentang seluk beluk berkomunikasi di kehidupan nyata, seperti bahas tubuh dan nada suara, menjadi berkurang.
  • Situs jejaring social akan membuat anak dan remaja lebih mementingkan diri sendiri. Mereka menjadi tidak sadar akan lingkungan sekitar mereka, karena kebanyakan menghabiskan waktu di internet. Hal ini dapat mengakibatkan anak menjadi kurang berempati di dunia nyata.
  • Bagi anak dan remaja, tidak ada aturan ejaan dan tata bahasa di jejaring social. Hal ini akan membuat mereka semakin sulit membedakan anatara berkomunikasi di situs jejaring social dan dunia nyata. Hal ini tentunya akan mempengaruhi keterampilan menulis mereka di sekolah dalam hal ejaan dan tata bahasa.
  •  Situs jejaring social adalah lahan subur bagi predator untuk melakukan kejahatan. Kita tidak akan pernah tahu apakah seseorang yang baru di kenal anak kita di internet, menggunakan jati diri yang sesungguhnya.
  • Pornografi : Anggapan yang mengatakan bahwa internet identik dengan pornografi, memang tidak salah. Dengan kemampuan penyampaian informasi yang dimiliki internet, pornografi pun merajalela. Untuk mengantisipasi hal ini, para produsen browser melengkapi program mereka dengan kemampuan untuk memilih jenis home page yang dapat di akses. Di internet terdapat gambar-gambar pornografi dan kekerasan yang bisa mengakibatkan dorongan kepada seseorang untuk bertindak kriminal.
  • Penipuan : Hal ini memang merajalela di bidang manapun. Internet pun tidak luput dari serangan penipu. Cara yang terbaik adalah tidak mengindahkan hal ini atau mengkonfirmasi informasi yang Anda dapatkan pada penyedia informasi tersebut.
  • Carding : Karena sifatnya yang real time (langsung), cara belanja dengan menggunakan Kartu kredit adalah cara yang paling banyak digunakan dalam dunia internet. Para penjahat internet pun paling banyak melakukan kejahatan dalam bidang ini. Dengan sifat yang terbuka, para penjahat mampu mendeteksi adanya transaksi (yang menggunakan Kartu Kredit) on-line dan mencatat kode Kartu yang digunakan. Untuk selanjutnya mereka menggunakan data yang mereka dapatkan untuk kepentingan kejahatan mereka.
  • Perjudian : Dampak lainnya adalah meluasnya perjudian. Dengan jaringan yang tersedia, para penjudi tidak perlu pergi ke tempat khusus untuk memenuhi keinginannya. Anda hanya perlu menghindari situs seperti ini, karena umumnya situs perjudian tidak agresif dan memerlukan banyak persetujuan dari pengunjungnya.

 

Sekian artikel saya tentang social media semoga bermanfaat dalam menambah wawasan kita.

 

Sumber :

 

http://tau-sejarah.blogspot.com/2013/02/sejarah-perkembangan-social-media-dari.html

http://id.wikipedia.org/wiki/Media_sosial

http://dampakpositifdannegatifsitus.blogspot.com/

 

Pos Berikutnya
Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: