Peranan Staf Dalam Organisasi

Jika kita mendengar kata Staf,yang terpikir sekilas dipikiran kita adalah seseorang yang ahli atau orang yang memiliki keterampilan khusus dalam bidangnya,akan tetapi kita terkadang tidak mengetahui bahwa staf memiliki fungsi yang sangat penting dalam suatu perusahaan ataupun organisasi,seberapakah pengaruhnya ?? marilah kita bahas satu persatu apa saja peranan dan pengaruh staff dalam organisasi dan perusahaan

Definisi dari staf itu sendiri adalah Seorang yang memberikan saran dan pelayanan kepada fungsi lini dalam suatu organisasi .Telah dikemukakan bahwa dalam organisasi bentuk lini dan staf ada dua kelompok tenaga kerja. Kelompok pertama adalah mereka yang tugas utamanya bersifat menterjemahkan tugas pokok menjadi aktivitas, sedang di pihak lain terdapat mereka yang tugasnya melakukan kegiatan-kegiatan penunjang demi lancarnya roda organisasi dan mekanisme  kerjasama yang harmonise baik secara kwantitatif maupun kualitatif kedua kelompok ini mempunyai peranan penting dalam merealisasi  tujuan organisasi.Secara efektif dan efisien. Sepintas lalu kelihatan seolah-olah karyawan lini lebih penting karena tugas meraka yang utama melaksanakan aktivitas penting untuk moraalisasi tujuan. Malah dianggap kadang-kadang bahwa tanpa karyawan. Staf tujuan  dapat juga direalisasi, pandangan ini terutama dalam organisasi modern kurang tepat, walaupun sifat aktivitas karyawan staf nya penunjang kegiatan yang dilakukan olah karyawan lini akan tetapi peranan mereka dalam menciptakan efektivitas  dan efisiensi sangat penting. Dengan bantuan karyawan staf organisasi dapat mendayagunakan resources yang dimiliki perusahaan secara optimum karena mereka dapat melihat berbagai kemungkinan, pendidikan dan pengalaman mereka memungkinkan memilih kesempatan yang terbaik.

Tugas-tugas yang dapat diberikan kapada karyawan staf antara lain adalah sebagai berikut :

a)  Mengumpulkan data (fakta)

b)  Mengintorarasikan data (fakta)

c)  Mengusulkan alternatif tindakan

d)  Mendiskusikan rencana-rencana yang sedang dipikirkan dengan berbagai hak dan memperoleh kesepakatan mereka atau memperoleh alasan mengapa rencana tersebut ditolak.

e)  Mempersiapkan instruksi-instruksi  tertulis dan dokumon-dokumen lainnya yang diperlukan untuk melaksanakan  kegiatan-kegiatan yang merupakan realisasi daripada rencana yang telah ditetapkan.

f)  Mengamati kegiatan-kegiatan oporasional dan kondisi kondisi yang dihadapi untuk rnengadakan apakah  struksi-instruksi telah dijalankan dengan baik dan apakah instruksi tersebut menghambat atau mempelancar proses pencapaian tujuan.

g)  Mengusahakan pertukaran informasi antara para petugas-petugas oporasional mongenai pelaksanaan untuk meningkatkan kegiatan-kegiatan koordinasi.

h)  Memberikan infrmasi da nasehat kepada petugas-petugas operasional mengenai pelaksanaan tugas–tugas yang telah didelegasikan kepada mereka. Dari peranan staf sebagaimana telah dikemukakan dapat diketahui bahwa

staf adalah hal yang diinginkan apabila :

a)  Keterbatasan kemampuan pimpinan untuk melaksanakan tugas-tugas secara baik. Keterbatasan ini melingkupi ketarbatasan waktu, energi, pengetahuan, perhatian, pandangan dan sebagainya.

b)  Tugas-tugas yang harus dijalankan belum dapat didelagasikan kepada bawahan karena :

> bawahan belum mempunyai kemampuan

> secara efektif dan efisien lebih tepat wewenang tersebut diberikan kepada spesialist  dan sebagainya.

MACAM-MACAM STAF

Staf Penasihat

Staf penasihat Dibentuk untuk memberikan saran, bantuan, dan jasa kepada seorang manajer. Staf penasihat juga memberikan saran-saran kepada pimpinan terhadap semua bidang yang menjadi tugas dan tanggung jawab pimpinan. Apabila diperlukan Manajer dapat menunjuk atau mengangkat staf penasihat dalam bidang perencanaan, pengorganisasian, pemberian motivasi, pengawasan, dan pengambilan keputusan.

Agar saran-saran yang diberikan kepada pimpinan merupakan saran yang sudah matang, obyektif dan telah diuji serta diteliti kebenarannya, maka saran-saran itu harus digarap melalui suatu proses. Proses pemberian saran tersebut melalui kegiatan sebagai berikut :

1. Pengumpulan data dapat dilakukan dengan mengadakan penelitian atau riset.

2. Mengadakan analisis fakta-fakta, informasi-informasi yang diterima.

3. Mengadakan evaluasi atau penilaian.

4.Membuat berbagai alternatif atau kemungkinan.

5. Mengadakan pemilihan dari berbagai kemungkinan yang dianggap paling baik.

6. Membuat kesimpulan.

7. Merumuskan saran-saran atau pertimbangan-pertimbangan dalam suatu bentuk tertentu sehingga mudah dan cepat dipahami oleh pimpinan.

Staf Pelayanan ( Staf Specialis )

Yaitu membantu pimpinan dalam melancarkan tugas-tugas organisasi, dalam memberikan pelayanan untuk seluruh lini dan unsur organisasi. Fungsi utama staf pelayanan adalah memberikan pelayanan yang sebaik-baiknya dalam bentuk kegiatan-kegiatan operasional, bukan memberikan saran atau pertimbangan.

Semoga sedikit uraian dari tulisan diatas dapat memperjelas kita tentang staf dan menambah wawasan dan pengetahuan kita,jika ada salah kata mohon kritik dan saran dari pembaca.terima kasih ^^

 

Referensi Tulisan :

digilib.usu.ac.id/download/fe/manajemenfriska.pdf Disadur Pukul 23:28 Tanggal 24/03/2012

cokroaminoto.blogetery.com/ Disadur Pukul 23:40 Tanggal 24/03/2012

 

 

Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: