Kepemimpinan

Kepemimpinan

Menjadi Seorang pemimpin yang handal dan bertangung jawab tidaklah mudah,dibutuhkan pembelajaran dan jiwa kepemimpinan yang kuat,seorang pemimpin tidak akan bisa memimpin bawahannya jika dia tidak memiliki jiwa kepemimpinan yang melekat dalam dirinya,sebelum kita mempbahas lebih lanjut,kita harus mengetahui dahulu apa arti dari kepemimpinan. Kepemimpinan adalah proses memengaruhi atau memberi contoh oleh pemimpin kepada pengikutnya dalam upaya mencapai tujuan organisasi. Cara alamiah mempelajari kepemimpinan adalah “melakukanya dalam kerja” dengan praktik seperti pemagangan pada seorang senima ahli, pengrajin, atau praktisi. Dalam hubungan ini sang ahli diharapkan sebagai bagian dari peranya memberikan pengajaran/instruksi.

Didalam kempemimpinan ,terdapat beberapa macam gaya kepemimpinan,

1. Gaya Kepemimpinan Otoriter / Authoritarian Adalah gaya pemimpin yang memusatkan segala keputusan dan kebijakan yang diambil dari dirinya sendiri secara penuh. Segala pembagian tugas dan tanggung jawab dipegang oleh si pemimpin yang otoriter tersebut, sedangkan para bawahan hanya melaksanakan tugas yang telah diberikan.

2. Gaya Kepemimpinan Demokratis / Democratic Gaya kepemimpinan demokratis adalah gaya pemimpin yang memberikan wewenang secara luas kepada para bawahan. Setiap ada permasalahan selalu mengikutsertakan bawahan sebagai suatu tim yang utuh. Dalam gaya kepemimpinan demokratis pemimpin memberikan banyak informasi tentang tugas serta tanggung jawab para bawahannya.

3. Gaya Kepemimpinan Bebas / Laissez Faire Pemimpin jenis ini hanya terlibat delam kuantitas yang kecil di mana para bawahannya yang secara aktif menentukan tujuan dan penyelesaian masalah yang dihadapi.

Jika saya pribadi disuruh memilih gaya kepemimpinan mana yg akan diterapkan jika saya menjadi seorang pemimpin ,saya akan memilih Kepemimpinan Demokratis,mengapa?? Karena menurut saya gaya kepemimpinan ini sangat baik,karena pemimpin tidak bertindak sebagai otoriter,dan egois,melainkan mengikutsertakan bawahan dalam memerintah dan mengambil keputusan,sehingga banyak masukan pendapat dan pemikiran yang bisa disatukan dalam suatu pengambilan keputusan maupun dalam pemerintahan,dan pemerintahan pun akan berjalan lebih baik karena semua pihak dapat menerima keputusan bersama yang telah dimusyawarahkan.

Sumber Kepemimpinan dalam Organisasi

Penulis: Gary Yukl

Penerbit :indeks

 

Pemimpin Yang Memimpin

Penulis: Eka Darmaputera

Penerbit :Gradienmediatama

Pos Sebelumnya
Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: