Apakah Transjakarta Koridor 9 & koridor 10 efektif bagi kita semua?

Apakah Transjakarta Koridor 9 & koridor 10 efektif bagi kita semua?

Kita yang tinggal di Jakarta pasti sangat tahu tentang Kemacetan yang ada di Jakarta. Dimana-mana pasti macet. Apalagi pada jam kerja & pulang. Semua orang menjadi resah. Tapi apa yang bisa kita perbuat?
Transjakarta atau umum disebut Busway adalah sebuah sistem transportasi bus cepat atau Bus Rapid Transit di Jakarta, Indonesia. Pada 15 Januari 2004, Bus Transjakarta memulai operasinya pada dengan tujuan memberikan jasa angkutan yang lebih cepat, nyaman, namun terjangkau bagi warga Jakarta. Untuk mencapai hal tersebut, bus ini diberikan lajur khusus di jalan-jalan yang menjadi bagian dari rutenya dan lajur tersebut tidak boleh dilewati kendaraan lainnya (termasuk bus umum selain Transjakarta). Agar terjangkau oleh masyarakat, maka harga tiket disubsidi oleh pemerintah daerah.

Kita ketahui bahwa 2010, bulan 12, Transjakarta Koridor 9 resmi beroperasi dengan koridor 10, yaitu 31 Desember 2010 dengan jurusan Halte Terminal Pinang Ranti sampai Halte Mega Mall Pluit. Jalan-jalan yang dilalui koridor 9 adalah sepanjang Jalan Pondok Gede Raya, Raya Bogor, Mayjen Sutoyo, MT Haryono, Gatot Subroto, S Parman, Latumenten, Jembatan Dua, Jembatan Tiga dan seterusnya sampai ke Pluit. & Koridor 10 (Cililitan – Tanjung Priok. Koridor ini akan melalui Jl. Letjend Sutoyo dan sepanjang jalan By Pass, mulai dari Jl. DI Panjaitan, Jl. Ahmad Yani ,Jl. Yos Sudarso dan Jl. Enggano. Ini menimbulkan pro & kontra dalam masyarakat. Apakah ini efektif bagi warga Jakarta ?
Ini melewati sepanjang pinggir jalan tol dalam kota yang menuju grogol. Jika kita ketahui, ini adalah jalur utama bagi warga Jakarta untuk pergi & pulang kerja. Sebenarnya Hanya 3 jalur bagi berjuta-juta kendaraan roda empat maupun roda dua, itu pun menimbulkan kemacetan setiap hari yang sangat panjang. Namun sekarang hanya 2 yang bisa dilewatkan, 1 nya hanya digunakan untuk busway. Kemacetan pasti + parah. Ini pun ada kendaraan pribadi yang menyerobot jalur busway, langsung di strelalisasi dengan aparat kepolisian. Ini menambahkan panjangnya macet di jalur ini. Apalagi transjakarta dinilai masih belum cukup untuk memenuhi minat masyarakat pengguna yang kian bertambah banyak. Hal ini dapat dilihat dari jumlah antrian yang tidak karuan pada jam jam tertentu. Bisnya yang sangat minimum, 1 jalur hanya dilewatkan beberapa kendaraan bus transjakarta saja. Apakah ini perlu? Apakah aparat polisi akan selalu jaga & strelilsasikan jalan bus-way? Apakah sterilsasi aparat polisi tidak mengakibatkan jalan tidak macet?
Yang kita ketahui saat ini. Sarana bus way pun sangat memperhatinkan. Beberapa sarana busway itu diantaranya pagar pembatas jalan, besi bypass, dan besi pada jembatan penyeberangan orang. Kurangnya personil petugas ditenggarai menjadi penyebab pelaku dengan leluasa melakukan pencurian. Kurangnya penjagaan sehingga antrian di busway pun tidak apa yang diharapi para penggunanya. Ada orang masih bisa masuk dari pintu keluar busway. Pencurian pun sering terjadi di dalam maupun di halte busway.
Yang lebih heboh lagi, Trayek Umum yang Sama dengan Rute Busway Bakal di Lenyapkan. Beberapa antaranya adalah jalur luar kota. Apakah ini penting? Dikarenakan ini sangat berpengaruh kepada warga yang tinggal di luar kota. Contohnya jurusan bekasi yang melintasi jalan jalur busway ini ? Bukannya ini malah tambah memperumit warga ya?
Walau Transjakarta Koridor 9 & koridor 10 hanya mulai beroperasi beberapa minggu, ini sangat menimbulkan keresahan pada warga Jakarta. Ada pro & kontra. Selanjutnya bagaimana harus lihat pemerintah bagaimana menangani kasus ini. Kita tunggu saja jawabannya.

Pos Sebelumnya
Pos Berikutnya
Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: