Kemacetan Di Jakarta

~~KEMACETAN DI JAKARTA~~

Kota Jakarta yang merupakan pusat pemerintahan dan Perekonomian negara indonesia tentunya tidak pernah luput dari msalah-masalah dan problem yang datang silih berganti,selain banjir ada lagi satu masalah yang sangat menggangu warga jakarta maupun warga daerah lain yang beraktifitas dijakarta yaitu kemacetan lalu lintas,kemacetan sangatlah merugikan dan menghambat semua aktifitas manusia,dan tentu sangat merugikan,kerugian yang diakibatkan oleh kemacetan di kota jakarta mencapai 28 trilyun pertahun,28 trilyun bukanlah angka yang sedikit jika berlangsung terus-menerus dan tentunya akan sangat merugikan negara,untuk dapat menambah wawasan kita dan mengetahui lebih dalam tentang kemacetan di jakarta, saya akan mencoba mengkaji lebih dalam tentang penyebab kemacetan,dampak kemacetan dan ipaya pemerintah dalam menggulangi kemacetan.

Kemacetan disebabkan oleh banyak hal,dan hal tersebut tidak selalu akibat kesalahan dari msyarakat atau pemerintah saja,beberapa penyebab kemacetan siantara lain :

1. kemacetan itu disebabkan karena antrian di lampu merah yg sangat panjang. Kenapa antriannya panjang?? karena ternyata lampu merah itu terjadi selama 120-100 detik sedang lampu hijau hanya 12-10 detik saja,tentu saja kita bisa membayangkan hal apa yang akan terjadi.

 

2. Motor yang sangat banyak dan menderu tidak kenal takut. Saling salib dengan jarak hanya 5 sampai 1 cm. Merasakan kembali jalanan yang tadinya 2 arah, dengan semena-mena dibuat 1 arah oleh para motor.

 

3. Pedagang kaki lima berada dimana-mana, mereka menggunakan jalan sehingga 2 jalur menjadi 1 jalur.tentunya hal ini membuat kendaraan ridak dapat berjalan dengan lancar.

 

4. Di jakarta banyak sekali ruas jalan dengan penyempitan di ujung jalan tersebut sehingga kendaraan harus satu-persatu lewat.

5. Kapasitas jalan yang kurang sedangkan kendaraan semakin banyak.

6. Angkot yang berhenti seenaknya, tidak ada halte,sehingga menghambat kendaraan lain yang akan melintas.

7. Buruknya layanan transportasi umum yang ada, yaitu tidak adanya time table.

8. Banyaknya penduduk luar kota yang datang memadati kota Jakarta.

Dari sekian banyak penyebab kemacetan ,tentu saja tidaklah mudah untuk mengatasinya,perlu kerjasama antara pihak pemerintah dan masayrakat.

Kemacetan tentu merugikan dan memiliki dampak yang sangat banyak bagi masyarakat dan pemerintah,bebrapa dampak dari kemacetan antara lain:

DAMPAK DARI KEMACETAN JAKARTA

1. Sangat boros dengan BBM, BBM hanya terbuang sia-sia karena kendaraan banyak diam tidak bergerak,namun bahan bakar tetap terbuang sia-sia.

2. Sangat banyak waktu yang terbuang sia-sia, sehingga pengemudi capek di jalan terlebih dahulu,selain rugi materi,tentu kerugian waktu ini bisa lebih besar bagi sebagian orang yang bekerja dan berbisnis.

3. Panas Globalisasi lebih cepat & Polusi Udara sangat tinggi karena kemacetan menyebabkan pembakaran gas emisi lebih cepat dan berlangsung lama.

4. Meningkatkan Stress pada orang yang ada dalam perjalanan,sehingga banyak masyarakat jakarta yang memiliki tingkat depresi yang tinggi.

5. Menggangu kendaraan dadurat,sepert imobil ambulance,pemadam kebakaran dan kendaraan polisi yang sedang menjalankn tugas darurat.

6. Pembangunan akan semakin tidak merata karena kegiatan pemerintahan, bisnis, seni, budaya, industri semua terpusat di Jakarta dan sekitarnya.

7. Tingkat Kejahatan/Kriminalitas akan meningkat karena luas wilayah tidak mampu menampung penduduk yang terlampau padat.

 

UPAYA PEMERINTAH UNTUK MENGATASI KEMACETAN JAKARTA

1. Menambah ruas jalan.

2. Pengadaan Bus Trans Jakarta.

3. Menggunakan kereta rel listrik.

4. Rencana pembuatan Monorel.

5. membatasi umur kendaraan-kendaraan yang sudah tua.

6. akan dicabutnya subsidi bahan bakar kendaraan bermotor oleh pemerintah.

7. Anak sekolah Jakarta masuk jam 6:30, 30 menit lebih awal dari sebelumnya.

 

SARAN SAYA UNTUK MENGATASI KEMACETAN JAKARTA

1. Jam kerja setiap tempat dibeda-bedakan,agar tidak adanya ledakan karyawan yang keluar ataupun masuk kerja.

2. Dibatasinya jumlah kendaraan di jakarta.

3. Membangun jembatan penyeberangan orang dan Memagar jalur hijau.

4. Adanya halte untuk angkot & Batasi angkot yang ada,karena pada saat ini jumlah kendaraan sebagian besar didominasi oleh angkot dan kendaraan umum.

5. Membangun jalan layang di berbagai perempatan yang ramai dan macet sehingga kemacetan karena lampu merah bisa dikurangi.

6. Perbanyak jalur three in one namun perbanyak razia kepada joki three in one.

7. Hindari perbaikan jalan pada jam sibuk,puncak arus karena banyak kemacetan yang terjadi karena perbaikan jalan pada saat arus padat.

8. Tertibkan Pedagang yang beraktifitas di bahu jalan yang sekiranya menggangu pengguna jalan,terutama yang dekat dengan pasar.

9. Aparatnya tegas terhadap kendaraan yang berlanggar lalu-lintas,jangan memandang bulu dalam melakukan penertiban.

Dari beberapa ulasan dan kajian yang ada diatas,sekarang tentu kita memiliki sedikit gambaran tentang kemacetan di jakarta,semoga tulisan saya bermanfaat bagi kita yang ingin menambah wawasan dan pengetahuan tentang kemacetan.

Pos Sebelumnya
Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: